Selasa, 22 Desember 2009

STRATEGI SENTUHAN UNIK

Banyak strategi yang dipakai untuk unggul dalam persaingan. Ketika pertama kali Primagama, hanya mendapatkan 2 siswa, maka kami berusaha mencari strategi agar mendapatkan siswa yang banyak. Strategi Primagama, ketika itu kita sebut strategi sentuhan unik yaitu mengundang siswa SLTA dengan mengunakan Tes Uji Coba UPA/IPS Terpadu secara gratis. Strategi ini dilakukan, karena ketika itu tes masuk perguruan tinggi negeri akan menggunakan tes IPA/IPS Terpadu. Primagama merupakan bimbingan tes pertama yang mampu mengadakan ujicoba tes IPA/IPS Terpadu. Karena ujicoba tes IPA/IPS Terpadu baru pertama kali, maka pesertanya banyak. Sebelum tes ujicoba dimulai, kita melakukan promosi kepada peserta, tentang salah satu keunggulan Primagama dibanding Bimbingan Tes lainnya. Dari promosi tersebut terjaring 62 siswa yang mengikuti bimbingan tes Primagama. Strategi sntuhan unik berikutnya adalah Program Jaminan Diterima. Jaminan diterima, maksudnya adalah jika tidak diterima di Perguruan Tinggi Negeri, tidak membayar, hanya membayar uang pendaftaran Rp.10.000,- dan itulah yang disebut Jaminan Diterima. Ide dari Pak Purdi ini, kita tidak lanjuti dilapangan dengan memasang Customer Service di dua tempat. Tempat pertama di Jalan Kapten Tendean No. 7 langsung ditangani Pak Purdi, dan tempat kedua di Jalan Demangan Kidul No. 92, langsung saya tangani sendiri. Customer servise ditangani oleh yang tahu segala seluk beluk Primagam, dari rumus praktis sampai teknik memprediksi soal yang akan keluar di PTN. Kita tidak dapat membayangkan, kalau peserta yang ikut Primagama luar biasa banyak. Apalagi setelah terbukti yang masuk Perguruan Tinggi Negeri banyak, yang diumumkan di Harian Kedaulatan Rakyat.

Demikian juga ketika saya mendirikan Pusat Pendidikan Komputer dan Manajemen IMKI, strategi sentuhan unik yang saya lakukan adalah Program Profesi Satu Tahun yang merupakan Pendidikan Komputer yang dilengkapi Pendidikan Manajemen Praktis dan Kewirausahaan. Ketika itu belum ada pendidikan komputer lamanya satu tahun. ”Kalau Anda kursus komputer 1 bulan, atau 3 bulan hanya dapat sedikit, tetapi kalau Anda kursus 1 tahun akan dapat banya” kata saya kepada calon peserta kursus. Ternyata strategi ini manjur.

Ketika saya mendirikan STMIK AMIKOM Yogyakarta pun saya menggunakan stratetgi sentuhan unik. Kelemahan yang saya lihat, Pendidikan di Perguruan Tinggi adalah pendidikan sikap mental. Maka pendidikan di AMIKOM dimulai dari pendidikan sikap mentalnya lebih dahulu. Pendidkan sikap mental ini di AMIKOM dikenal sebagai Pelatihan Super Unggul. Pelatihan ini memadukan model Super Camp dari Bobby De Potter, Achievement Motivation Training dan Pelatihan Emotional Intelegence maupun Spiritual Intelegence. Untuk menjaga sikap mental ini, ketika kuliah mahasiswa diharuskan untuk memakai dasi, akhirnya memunculkan “Tempat Kuliah Orang Berdasi”. Sedangkan pendidikan pengetahuan dan ketrampilan di lakukan dengan menggunakan fasilitas yang di atas rata-rata, sehingga “Unggul Dalam Trend Teknologi Informasi”. Disamping itu, konsentrasi yang ditawarkan antara lain Periklanan Televisi, E-Commerce dan Film Kartun. Ternyata Strategi Sentuhan Unik itu, setelah kami tahu bernama Strategi Diferensiasi atau Strategi Positioning.

Sumber artikel : Mohammad Suyanto


Read Also:



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "STRATEGI SENTUHAN UNIK"

Posting Komentar