Sebagian besar orang beranggapan, bahwa membangun merek yang pertama kali menggunakan iklan besar-besaran. Fakta membuktikan ternyata perusahaan-perusahaan yang telah melenggenda dunia membangun merek untuk pertama kali menggunakan public relations (hubungan masyarakat). Public relations melibatkan berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan / atau menjaga citra perusahaan atau produknya. Periklanan memang dibutuhkan untuk mempertahankan merek untuk tidak mati, tetapi tidak untuk membangun merek untuk pertama kali.
Microsoft menggunakan Public Relations ketika meluncurkan sistem operasi barunya Windows 95. Sebenarnya Windows 95 bukanlan produk yang sepenuhnya baru, tetapi menjadikan Windows 95 sangat mudah digunakan seperti halnya Macintosh. Pemunculnnya tanggal 24 Agustus 1995 merupakan hari yang menggemparkan bagi Windows 95. The Wall Street Journal memperkirakan 3.000 berita utama, 6852 cerita dan lebih dari 3.000.000 kata dikhususkan bagi Windows 95 dari 1 Juli hingga 24 Agustus. Tim Microsoft di seluruh dunia untuk melakukan publikasi yang menarik perhatian. Mengibarkan spanduk Windows 95 sebesar 600 kaki dari menara CN Toronto. Menaburi warna merah, kuning dan hijau dari logo Windows 95 pada The Empire State Building di New York. Membayar The London Time’s untuk mendistribusikan secara gratis seluruh terbitan harian itu sebanyak 1,5 juta eksemplar kepada masyarakat. Saat Windows 95 dijual dengan harga 90 dolar, ribuan orang antri untuk membelinya. Pada akhir minggu pertama, penjualan di Amerika Serikat saja mencapai 108 juta dolar. Microsoft mengeluarkan biaya 220 juta dolar untuk Public Relations tersebut. Mengapa Bill Gates membelanjakan dana begitu besar untuk Public Relations?. Ada dua alasan yang mungkin. Pertama, khawatir tentang cacat yang terdapat pada versi-versi awal dari sistem operasi itu, pemakai komputer mungkin enggan untuk membelinya. Microsoft ingin mengatasi keengganan ini. Kedua, Apple Computer secara cepat menutunkan harga komputernya dengan harapan dapat menjual lebih banyak komputer Macintosh sebelum Windows 95 yang mirip dengan sistem operasi Macintosh dijual di pasaran. Microsoft ingin membendung arus penjualan Macintosh dengan menjual sebanyak mungkin paket Windows 95 dalam waktu yang sesingkat mungkin.
Anita Roddick membangun The Body Shop menjadi merek dunia tanpa melakukan pengiklanan, tetapi melakukan Public Relations keseluruh dunia tanpa kenal lelah untuk memperkenalkan produknya. Walmart sebagai perusahaan yang paling mengagumkan dunia, hanya sedikit mengeluarkan iklan. Demikian juga Intel, Dell, Compaq, Gateway, Oracle, Cisco, SAP, Sun microsystem pertama kali diciptakan di halaman-halaman Wall Street Journal, Business Week, Forbes, dan Fortune, yaitu dengan publisitas, bukan denga iklan. Kami juga memulai Primagama, IMKI, STMIK AMIKOM, PT Time Excellindo, PT. Mataram Surya Visi, PT Radio MQ FM, PT. GITS, AMIKOM.NET, AMIKOM Traning Center, dan dengan menggunakan Public Relations.
Sumber artikel : Mohammad Suyanto
0 komentar: on "MEMBANGUN MEREK"
Posting Komentar