Volvo memiliki satu kata keamanan (safety) di benak konsumen. Hasilnya, beberapa dekade lalu Volvo telah menjadi mobil mewah di Eropa dan penjualan tertinggi di amerika Serikat. Ketika merek telah mempunyai sebuah kata sederhana yang mudah diingat, sulit bagi pesaing untuk mengambil kata tersebut. Dapatkah Anda memproduksi mobil yang lebih aman dari Volvo?. Mungkin Anda dapat memproduksi mobil yang lebih aman dari Volvo, seperti Saab, Audi, dan Mercedes Benz, tetapi di benak konsumen yang memiliki kata sederhana safety, hanyalah Volvo.
BMW menggunakan kata sederhana driving untuk yang secara lengkap The ultimate driving machine (mobil yang enak dikendarai). Dengan kesederhanaan ini BMW menjadi mobilo mewah Eropa dengan penjualan tertinggi kedua di amerika serikat.
“Salah satu kecenderungan paling merusak sepanjang 40 tahun terakhir adalah keyakinan bahwa jika Anda mudah difahami, bahasa Anda vulgar. Saat saya tumbuh, ekonom, ahli fisika, psikolog, pemimpin dalam semua disiplin akan selalu berupaya membuat diri mereka mudah difahami. Einstein menghabiskan tahun demi tahun bersama tiga asisten berbeda untuk membuat teori relativitasnya difahami oleh orang awam. John Maynand Keynespun berupaya keras membuat teori-teori ekonominya mudah difahami “ komentarter Drucker dalam bukunya The effective Executive. “Ide-ide strategis besar hampir selalu muncul dengan kata-kata sederhana” tulis Jack Trout dalam buku Trout On Stratey.
Sumber artikel : Mohammad Suyanto
0 komentar: on "KESEDERHANAAN SEBAGAI STRATEGI"
Posting Komentar