Kamis, 26 November 2009

STRATEGI PARA JUARA

Banyak perusahaan sekarang ini menggunakan strategi yang hampir mirip atau strategi perusahaan tersebut menyatu atau konvergen. Jika hal ini yang kita lakukan pada perusahaan kita maka dapat ditebak bahwa penghasilan kita tidak berbeda jauh dengan perusahaan pesaing. Survei yang dilakukan Gallup menanyakan apakah strategi pesaing semakin mirip atau semakin berbeda kepada 500 CEO di Amerika. Jawaban terbanyak dari CEO tersebut adalah strategi mereka mirip dengan strategi pesaing. Strategi mengerucut mendekati sama karena resep kesuksesan selalu ditiru sama oleh banyak perusahaan. Dengan demikian strategi mereka tidak bisa menghindari konvergensi strategi.
Perusahaan komputer meniru cara Dell dengan menjual sistem membuat berdasarkan pesanan. Tetapi hasilnya pasti biasa-biasa saja, tidak bisa membuat perusahaan komputer melompat, apalagi terbang. Pabrik mobil meniru menggunakan teknologi ramping Toyota, maka pendapatan yang diperoleh tidak akan melambung tinggi. Department Store meniru Wal-Mart sebagai studi kasus dalam pengelolaan logistik, maka juga tidak dapat mendongkrak keuntungan yang sangat memadai.

Penggunaan sumberdaya dari luar perusahaan (outsourcing) juga menjadi kekuatan lain yang menyebabkan konvergensi strategi. Saat perusahaan melakukan outsourcing, jangkauan diferensiasi atau perbedaan dalam persaingan semakin lama semakin menyempit. Maka Dell Computer tidak pernah melakukan outsourcing pada proses inti teknologi informasinya dan Enterprise Resource Planning (ERP)-nya. Model bisnis Dell didasarkan pada penciptaan keunggulan unik teknologi informasi, yang tidak begitu mudah dilakukan dengan solusi dari luar.

Perusahaan memang boleh meniru kesuksesan perusahaan lain, tetapi tidak dengan persis sama atau mirip, tetapi harus mempunyai sesuatu yang berbeda atau strategi diferensiasi. Perusahaan penerbangan di Amerika Serikat, seperti American Airlines mempunyai pertumbuhan pemasukan tahunan hanya 5,4%, Northwest Airlines hanya 4,6%, Delta Airlines hanya 6,2%, United Airlines 6,3 %, tetapi Southwest Airlines mencapai 16,7%. Mengapa Southwest Airlines mempunyai pertumbuhan berbeda dengan maskapai penerbangan lain? Jawabannya sederhana, yaitu Southwest Airlines mempunyai strategi berbeda. Southwest Airlines membuat strategi berbeda dengan menganggap penerbangan ”seperti mengangkut ternak” yang pilot dan pramugarinya penuh humor, tidak ada tempat duduk yang dipesan, tidak ada makanan, tidak ada ruang yang megah dan tidak ada pelayanan hiburan dalam penerbangan.

”Secara umum para juara yang dapat melambungkan perusahaannya hampir pasti memiliki strategi yang berbeda. Meskipun mereka menghadapi pesaing, tetapi mereka memiliki target pasar yang unik, penentuan posisi (positioning) yang unik, nilai produk yang unik, aset yang unik dan kemampuan yang unikî kata Gary Hamel dalam bukunya Leading The Revolution.

Sumber Artikel : M.suyanto

Read Also:



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "STRATEGI PARA JUARA"

Posting Komentar