Kamis, 26 November 2009

ATURAN BARU BISNIS


Organisasi harus melakukan perubahan untuk dapat menyesuaikan dengan lingkungannya yang kompetitif. Perubahan bersangkut-paut dengan perihal membuat sesuatu dengan lain. Teknologi, persaingan, kejutan ekonomi, perubahan sosial, perubahan ekologi, angkatan kerja dan politik dunia merupakan kekuatan yang merangsang perubahan. Teknologi informasi yang canggih dapat mengubah cara bersaing, sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan. Keberadaan internet membuat batas-batas geografis nyaris tidak berarti.
Dalam industri manapun, apakah industri domistik atau internasional, apakah menghasilkan barang atau jasa, aturan persaingan tercakup dalam lima faktor persaingan, yaitu masuknya pendatang baru, ancaman produk substitusi, daya tawar-menawar pembeli, daya tawar-menawar pemasok dan persaingan di antara para pesaing yang ada (Porter,1985). Persaingan ala Porter ini perlu diubah dengan aturan persaingan yang baru yang perlu diwaspadai yang terdiri dari tiga hal.

Pertama, ekonomi baru atau ekonomi digital, yang membuat pasar digerogoti perusahaan revolusioner, misalnya Amazon.com yang dahulunya hanya toko buku, tetapi sekarang berjualan bermacam-macam produk. eBay dahulu hanyalah lelang di internet, tetapi sekarang berbagai produk dijual. Bahkan beberapa fasilitas ditambahkan, misalnya PayPal, yang memungkinkan individu atau perusahaan membayar secara online. Fasilitas Skype yang memungkinkan berkomunikasi suara dan video secara gratis antara pengguna yang menggunakan perangkat lunak Skype. Shopping.com sebagai fasilitas yang memungkinkan pengguna membandingkan harga dalam berbelanja. Rent.com merupakan fasilitas yang melayani sewa apartemen di Amerika Serikat dan melintas ke negara lain. Online Claaified dirancang untuk orang-orang saling bertemu, saling bertukar ide, saling berbisnis pada tingkat lokal.

Kedua, lepasnya para pekerja terbaik, misalnya karyawan yang dahulu bekerja di perusahaan besar, seperti AT&T, IBM, Xerox berpindah ke Google, Amazon, eBay dan sebagainya. Ketiga, perusahaan revolusioner merampas aset terbaik, misalnya eBay yang dahulu hanya perusahaan kecil, sekarang mampu mengakuisisi Butterfield & Butterfield yang merupakan rumah lelang terbesar ketiga di Amerika Serikat. Vodafone yang baru berusia 12 tahun mampu membeli perusahaan tertua, terbesar dan paling membanggakan di Jerman. Google yang sebaya dengan Vodafone telah mempunyai kapitalisasi pasar lebih dari 900 miliar dolar dan telah mengakuisisi banyak perusahaan.

Barangkali kita tidak mengenal perusahaan seperti Akamai Technologies, iMergent, Palomar Medical Technologies, Intergital Communications, CyberSource, Perficient, Lam Research, Ceradyne, F5 Networks dan Armor Holdings. Padahal perusahaan tersebut merupakan 10 perusahaan dengan pertumbuhan paling cepat di dunia.

Sumber Artikel : M.suyanto

Read Also:



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 komentar: on "ATURAN BARU BISNIS"

Dokter Blog mengatakan...

5 Kelebihan Google Chrome OS !
Mari kita gunakan Software Open Source salah satunya adalah Google Chrome OS dan mari kita kobarkan semangat Kerja Keras Adalah Energ

Posting Komentar