Jumat, 27 November 2009

Bagaimana Mengelola Budget Pernikahan?

Selamat siang,
Dalam waktu dekat ini saya akan menggelar pesta pernikahan pada 13 Desember 2009. Rencananya lokasinya di salah satu gedung kenamaan Ibu kota.

Kalau dilihat, kelas kami adalah kelas B. Artinya, high class tidak, kelas sederhana juga tidak. Budget kami Rp70 juta. Kami ingin pesta pernikahan adat Jawa, ini terkesan elegan. Hingga saat ini kami belum melakukan apa-apa kecuali sewa gedung. Sewa gedung sekitar Rp8 juta.

Mengingat waktu yang sangat mepet, apa yang harus kami lakukan. Kira-kira apa yang harus kami lakukan bila ingin lebih irit lagi? Berapa yang harus kami alokasikan untuk undangan, souvenir, pelaminan, catering. Di mana undangan dan souvenir yang murah.

Bisakah dibuat hitung-hitungannya. Apa yang harus saya lakukan terlebih dahulu? Mana prioritas yang harus saya dahulukan? Saya bener-bener blank.

Bisakah bantu saya hingga detail, mengingat waktunya sangat mepet? Saya tidak mau pakai wedding organizer (WO). Karena walau kelihatannya lebih murah dan praktis, tapi sebenarnya ini lebih mahal karena harus mengeluarkan biaya untuk orang WO.

Mohon segera, sebelum semuanya terlambat. Terima kasih banyak. Mohon segera dibalas.

Salam, Mira
mira.jones@gmail.com
Cilandak.

Jawabannya:

Dear Mira, di Cilandak.

Mengingat waktu Anda yang sudah sangat mendesak, saya dapat sarankan dua langkah saja untuk Anda laksanakan secepatnya :

Pertama, yang harus Anda lakukan saat ini adalah mencari tempat kartu undangan dan souvenir. Dua hal ini butuh waktu/proses lebih lama. Karena waktu anda sangat mendesak, Anda bisa pergi misalnya ke pasar Tebet Barat/Jatinegara untuk membuat kartu undangan dan souvenir.

Di sana harga lebih bersaing karena banyak usaha sejenis di sana. Sebaiknya ketika Anda ke sana, sudah membawa draft undangan yang sudah fix yang akan dicetak, sehingga tidak perlu bolak-balik ke sana hanya untuk mengedit kembali.

Kami sarankan juga buatlah desain sesederhana mungkin agar cepat selesai pembuatannya. Berikan waktu satu minggu untuk dapat diselesaikan oleh percetakannya, supaya Anda masih sempat untuk membagikan kepada para undangan.

Untuk souvenir yang murah alternatifnya anda dapat mendatangi pasar Jatinegara atau Pasar Pagi. Di sana sudah tersedia juga berbagai macam souvenir. Budget untuk satu kartu minimal Rp5.000,- dan souvenir minimal Rp2.000. Tinggal Anda sesuaikan dengan jumlah tamu undangan.

Kedua, datangi salon yang menyediakan paket perkawinan adat Jawa. Di sana Anda dapat banyak berkonsultasi juga dengan pihak salon tersebut. Saya menyarankan agar Anda mengambil paket. Karena biasanya sudah tersedia berbagai alternatif pelaminan, baju adat Jawa (dodot), baju untuk penerima tamu, among tamu, bunga tangan, bunga dekorasi dan lain-lain.

Bahkan untuk catering dan video shooting pun Anda dapat pesan di tempat yang sama. Salon yang menyediakan paket pernikahan lengkap ini umumnya sudah memiliki vendor/rekanan. Tinggal Anda banyak berkonsultasi dengan konsultan di sana.

Untuk budget saya rasa Anda lebih baik konsultasi di tempat ini juga, karena hitungannya pasti sudah menyeluruh dan fix.

Demikian jawaban kami, dan ingatlah untuk tetap hindari stres. Lebih baik, nikmati persiapan pernikahan Anda. Lakukan setiap proses dengan tenang, dan jangan biarkan pihak lain memaksa Anda melakukan ini-itu yang membuat biaya membengkak atau melebihi kemampuan dan waktu.

Selamat mempersiapkan dan menjalani Hidup Baru.

Theresia Helena
Perencana Keuangan Independen/Director KeluargaCerdas123.com


Read Also:



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 komentar: on "Bagaimana Mengelola Budget Pernikahan?"

Unknown mengatakan...

gimana untuk dokumentasi(Video) Dan Photo Nya) nya saya dan team saya yang ngambil

Untuk Info lebih lanjut langsung menuju

chandell_vai89@yahoo.com

Posting Komentar